PELATIHAN CALON REVIEWER ARTIKEL JURNAL ILMIAH HASIL PENELITIAN PT. TGL 20 – 21 NOPEMBER 2015

DSCF4268

  1. Deskripsi

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Universitas Pasundan menyelenggarakan Pelatihan Calon Asesor Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian P.T. pada tanggal 20 sd 21 November 2015.

Secara garis besar, target utama dari kegiatan ini adalah perekrutan calon Asesor Jurnal ilmiah sebagai calon anggota Tim Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik dalam proses penilaian melalui portal ARJUNA Kemristek Dikti.

Tujuan kegiatan pelatihan dan kerja mandiri untuk meningkatkan mutu artikel ilmiah adalah: (1) Ketersediaan asesor tatakelola dalam penilaian akreditasi bagian tatakelola terbitan berkala ilmiah melalui portal ARJUNA; (2) Ketersediaan Asesor substansi dalam penilaian akreditasi bagian substansi artikel terbitan berkala ilmiah secara langsung di portal ARJUNA; dan (3) adanya persamaan persepsi dari setiap penilai dalam menggunakan instrument yang terdapat pada portal ARJUNA.

Pengelolaan jurnal ilmiah dalam rangka mencapai target utama menjadi jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional dan/atau jurnal yang bereputasi internasional memerlukan sistem manajemen dan pengelolaan jurnal yang efektif dan efisien. Sistem manajemen dan pengelolaan jurnal ini harus mengacu kepada instrumen-intrumen dan kriteria-kriteria yang disyaratkan oleh akreditasi jurnal nasional dan lembaga pengindeks internasional. Yang lebih penting lagi adalah bahwa artikel-artikel dari jurnal harus dipublikasi dalam bentuk fulltext PDF. Keharusan mengunggah artikel terbitan berkala ilmiah ini sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 2050/E/T/2011 tentang Kebijakan Unggah Karya Ilmiah dan Jurnal.

Dengan dipublikasikannya artikel dari terbitan berkala ilmiah, maka artikel tersebut akan sangat mudah diakses oleh pembaca secara luas. Lebih menguntungkan lagi, dampak ilmiah berupa rujukan dari artikel jurnal lainnya bisa diperoleh dengan mudah karena adanya versi online tersebut. Selain itu, kebijakan unggah karya ilmiah bagi pengelola jurnal ilmiah nasional (terakreditasi dan non-akreditasi) yang dikeluarkan oleh Dikti memerlukan langkah-langkah strategis untuk menindak lanjutinya. Kebijakan unggah karya ilmiah ini penting dalam rangka memberikan kemudahan dalam pemeriksaan plagiasi.

Dengan diundangkannya Peraturan Dirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditas Terbitan Berkala Ilmiah, menuntut adanya proses akreditasi dilakukan secara elektronik dan berlaku efektif mulai 31 Maret 2016. Dengan berlakunya proses akreditasi terbitan berkala ilmiah secara elektronik ini maka perlu dipersiapkan kelengkapan-kelengkapannya meliputi Tim Asesor Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, dan Portal Sistem Informasi Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (ARJUNA). Tim Asesor Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah terdiri dari Tim Asesor Bidang Substansi pada Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah dan Tim Asesor Bidang Tatakelola pada Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah.Tim Asesor bidang Tatakelola Terbitan Berkala Ilmiah terdiri dari personil-personil yang memahami dan mempunyai pengalaman dalam tatakelola jurnal elektronik, sedangkan Tim Asesor bidang Substansi Terbitan Berkala Ilmiah terdiri dari personil-personil yang memahami dan mempunyai pengalaman dalam penulisan artikel ilmiah yang kerkualitas dan/atau mempunyai pengalaman dalam pengelolaan jurnal (mitra bestari). Tim Asesor bidang Substansi ini perlu dilengkapi dengan anggota tim yang kuat dan terdiri dari pakar-pakar ilmiah sesuai bidang ilmunya masing-masing.

Di sisi lain, telah disiapkan juga Portal Sistem Informasi Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik yang dinamakan ARJUNA yang dapat dilihat di portal: http://arjuna.dikti.go.id. Portal sistem informasi ini terdiri dari: (1). Sistem pengajuan akreditasi terbitan berkala ilmiah secara elektronik; (2). Sistem evaluasi diri akreditasi terbitan berkala ilmiah secara elektronik; (3). Sistem penilaian akreditasi terbitan berkala ilmiah elektronik; dan (4). Sebagai pusat database profil terbitan berkala ilmiah terakreditasi dan tidak terakreditasi.Sistem informasi ini ditujukan agar tercipta sistem akreditasi jurnal ilmiah yang efisien, transparan, dan objektif.

Sistem akreditasi jurnal yang baik juga perlu didukung oleh Tim Akreditasi yang kuat dan kompeten. Dalam rangka membentuk Tim Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik yang kuat maka diperlukan beberapa kegiatan yang bertujuan menguatkan tim tersebut. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka mewujudkan hal tersebut adalah: (1) rekrutmen dan seleksi anggota Tim Asesor Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik; dan (2) pelatihan dan penyamaan persepsi Tim Asesor Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik. Kegiatan yang dilakukan dalam dokumen kerangka acuan ini adalah Pelatihan Calon Asesor Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian PT. Secara garis besar, aktifitas-aktifitas dalam kegiatan ini adalah: (1) pelatihan sistem penilaian akreditasi bagian tatakelola terbitan berkala ilmiah secara elektronik di portal ARJUNA; (2) pelatihan sistem penilaian akreditasi bagian substansi terbitan berkala ilmiah secara elektronik di portal ARJUNA; dan (3) penyamaan persepsi dalam penilaian tatakelola jurnal dan substansi artikel jurnal. Target utama dari kegiatan ini adalah lancarnya anggota Tim Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik dalam proses penilaian di portal ARJUNA Dikti.

  1. Acara Pembukaan

Kegiatan pelatihan Calon Asesor Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian Perguruan Tinggi ini dibuka oleh Ketua Lembaga Universitas Pasundan, Dr. Yaya Mulyana A. Azis., M.Si.

  1. Peserta

Peserta pelatihan Calon Asesor Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian Perguruan Tinggi berjumlah 99 orang, dengan persyaratan dan kewajiban peserta sebagai berikut:

  1. Peserta adalah dosen/peneliti yang telah mendaftar sebagai asesor dan telah lolos seleksi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan;
  2. Keikutsertaan peserta harus diketahui oleh pimpinan setempat;
  3. Peserta wajib mengikuti semua sesi pelatihan dengan kehadiran penuh dan diharapkan hadir 5 menit sebelum sesi-sesi pelatihan;

Daftar nama peserta Pelatihan Calon Asesor Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian PT adalah sebagai berikut:

Daftar Nama Peserta

No Nama Institusi
1 Evy Kartini Batan
2 Hadi Suwarno Batan
3 Deni Noviana Institut Pertanian Bogor
4 Djoko Prijono Institut Pertanian Bogor
5 Endah Retno Palupi Institut Pertanian Bogor
6 Fauzi Febrianto Institut Pertanian Bogor
7 I Komang Gede Wiryawan Institut Pertanian Bogor
8 I Wayan Darmawan Institut Pertanian Bogor
9 Ika Amalia Kartika Institut Pertanian Bogor
10 Iman Rusmana Institut Pertanian Bogor
11 Kustiariyah Institut Pertanian Bogor
12 Miftahudin Institut Pertanian Bogor
13 Ono Suparno Institut Pertanian Bogor
14 Uju Institut Pertanian Bogor
15 Yusuf Sudo Hadi Institut Pertanian Bogor
16 Achmad Munir Institut Teknologi Bandung
17 Adit Kurniawan Institut Teknologi Bandung
18 Agustinus Agung Nugroho Institut Teknologi Bandung
19 Dwi Hendratmo Widyantoro Institut Teknologi Bandung
20 Kiki Vierdayanti Institut Teknologi Bandung
21 L Hari Wiryanto Institut Teknologi Bandung
22 Rudi Institut Teknologi Bandung
23 Yuniati Institut Teknologi Bandung
24 Achmad Arifin Institut Teknologi Sepuluh Nopember
25 Erma Suryani Institut Teknologi Sepuluh Nopember
26 Setyo Gunawan Institut Teknologi Sepuluh Nopember
27 Dwinna Rahmi Kementerian Perindustrian
28 April H Wardhana, Ph LIPI
29 Elizabeth Wina LIPI
30 Gono Semiadi LIPI
31 Hidayat LIPI
32 Indrawati Sendow LIPI
33 M. Maruf Mukti LIPI
34 Maman Turjaman LIPI
35 Partomuan Simanjuntak LIPI
36 Sam Wouthuyzen LIPI
37 Subyakto LIPI (Biomaterial)
38 Myrtha Karina LIPI (Fisika)
39 Muhammad Hanafi LIPI (Kimia)
40 Yanni Sudiyani LIPI (Kimia)
41 Ahmad Najib Burhani LIPI (Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan)
42 Oman Zuas LIPI-RCChem
43 I Nyoman Suamir Politeknik Negeri Bali
44 Gunawarman Universitas Andalas
45 Ardiansyah Universitas Bakrie
46 I Made Indradjaja Universitas Bakrie
47 Mudin Simanihuruk Universitas Bengkulu
48 Sal Prima Yudha S Universitas Bengkulu
49 Urip Santoso Universitas Bengkulu
50 Munawar Agus Riyadi Universitas Diponegoro
51 Amir Husni Universitas Gadjah Mada
52 Karna Wijaya Universitas Gadjah Mada
53 Arie Afriansyah Universitas Indonesia
54 Diah Ayu Maharani Universitas Indonesia
55 Djoni Hartono Universitas Indonesia
56 Jeanne Adiwinata Pawitan Universitas Indonesia
57 Nafrialdi Universitas Indonesia
58 Jaka Sriyana Universitas Islam Indonesia
59 Bambang Pramuka Universitas Jenderal Soedirman
60 Dadan Hermawan Universitas Jenderal Soedirman
61 Yanti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
62 I Gede Agus Widyadana Universitas Kristen Petra
63 Agus Haryanto Universitas Lampung
64 Diding Suhandy Universitas Lampung
65 M. Sayuti Universitas Malikussaleh
66 Fajar Suryawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
67 Harun Joko Prayitno Universitas Muhammadiyah Surakarta
68 Atif Latifulhayat Universitas Padjadjaran
69 Kusman Ibrahim Universitas Padjadjaran
70 Muchtaridi Universitas Padjadjaran
71 Nono Carsono Universitas Padjadjaran
72 Rizky Abdulah Universitas Padjadjaran
73 Susi Dwi Harijanti Universitas Padjadjaran
74 Zuchra Helwani Universitas Riau
75 Aldes Lesbani Universitas Sriwijaya
76 Fakhili Gulo Universitas Sriwijaya
77 Siti Nurmaini Universitas Sriwijaya
78 Mohammad Basyuni Universitas Sumatera Utara
79 Lanny Sapei Universitas Surabaya
80 Suyanto Universitas Surabaya
81 Sholeh Ma’mun Universitas Surya Bogor
82 Khairul Munadi Universitas Syiah Kuala
83 Muchlisin Z A Universitas Syiah Kuala
84 Muhammad Faisal Universitas Syiah Kuala
85 Muhammad Shabri Universitas Syiah Kuala
86 Musri Universitas Syiah Kuala
87 Syaukani Universitas Syiah Kuala
88 Dharma Permana Universitas Yarsi
89 Darsono BATAN
90 Haruni Krisnawati Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan
91 Dono Wahyuno Kementerian Pertanian
92 Ika Kartika LIPI
93 Kemas Ahmad Zaini Thosin LIPI
94 Silvester Tursiloadi LIPI
95 Subandriyo LIPI
96 Nono Darsono LIPI
97 Rochadi abdul Hadi LIPI
98 Enny Soedarmonowati LIPI
99 Estiko Rijanto LIPI

 

  1. Isi Kegiatan

Materi pelatihan dipilih melalui pertimbangan signifikansi dengan tujuan pelatihan. Selanjutnya materi tersebut akan diberikan oleh pembicara yang dipilih di antara tenaga ahli/pakar yang sudah berpengalaman dari Dit. Litabmas Kemristekdikti dan Perguruan Tinggi. Adapun rincian materi dan pembicaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan, Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik, Gaya Selingkung e-Jurnal, dan diskusi (AgusSubekti/Lukman/ Istadi)
  2. Kode Etik Asesor Akreditasi dan Penjaminan Mutu Substansi Artikel Ilmiah pada Terbitan Berkala Ilmiah (Wasmen Manalu/Suminar S. Achmadi)
  3. Pengenalan dan Akses Portal ARJUNA sebagai Sistem Informasi Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik (Daniel/Slamin/Maududie/Kahar)

 

  1. Kesimpulan

Kegiatan Pelatihan Calon Asesor Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian PTdimaksudkan untuk menjaring calon Asesor jurnal yang diharapkan dapat membantu dalam proses akreditasi terbitan berkala ilmiah elektronik dengan menggunakan aplikasi ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) telah dilaksanakan dengan lancer.

Pengetahuan tentang tata kelola e-journal dari para calon asesor merupakan komponen penting dalam merespon secara positif Peraturan Dirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditas Terbitan Berkala Ilmiah, yang menuntut adanya proses akreditasi dilakukan secara elektronik dan berlaku efektif mulai 31 Maret 2016.

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *